Warga Murung Kenanga Dirikan Tenda Bambu Dermaga Untuk Jemaah Haul Guru Sekumpul

BANJAR, DUTA TV – Satu persatu potongan bambu dirakit menjadi tenda oleh warga RT 6 Desa Murung Kenanga, Kecamatan Martapura, Kota Kabupaten Banjar.

Tenda bambu yang disiapkan kali ini untuk dermaga singgah kapal dan perahu ketinting atau kelotok bagi jemaah haul ke-19 Abah Guru Sekumpul.

Seperti pada pelaksanaan haul tahun sebelumnya, ribuan jemaah menggunakan transportasi sungai dan singgah di dermaga yang berada di pinggir Sungai Martapura ini.

Para jemaah haul yang menggunakan transportasi sungai untuk menghadiri haul ulama kharismatik Guru Sekumpul.

Menurut Oji, seorang koordinator relawan haul di RT 6 Desa Murung Kenanga, selain mendirikan tenda singgah, relawan juga menyiapkan dapur umum dan dermaga kapal dan kelotok dengan bambu yang dirakit atau lanting di pinggir sungai.

“Ada dapur lanting untuk jemaah naik kapal, ada lima titik. Untuk persiapan menunggu hari H mendirikan tenda,” ujarnya.

Seperti pelaksanaan haul Guru Sekumpul tahun sebelumnya, selain dihadiri jemaah dari wilayah Kabupaten Banjar, juga dihadiri jemaah yang berasal dari luar daerah.

Jemaah haul yang menggunakan transportasi kapal dan kelotok tak hanya warga Martapura, namun di antaranya juga dari Kabupaten Batola, Tapin, Hulu Sungai Selatan, dan bahkan berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah.

“Dari Kalteng ada kapalnya, Anjir, Nagara sampai Amuntai masuk,” tambah Oji.

 

Reporter: Suhardadi

Helman

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *