Lingkungan Pemerintahan

Wali Kota Ajak Ratusan Kepala Daerah Ciptakan Sanitasi Yang Baik

DUTA TV BANJARMASIN – Jelang hari jadi ke-493 nanti kota Banjarmasin juga terpilih untuk menjadi tuan rumah City Sanitation Summit ke-19 pada 24 September mendatang.

Dalam kegiatan tersebut ratusan kepala daerah direncanakan akan hadir ke kota seribu sungai.

Direktur eksekutif sekretaris nasional aliasi kabupaten kota peduli sanitasi atau Akkopsi Joshrizal Zain, mengakui jika Banjarmasin merupakan kota yang sangat peduli dengan sanitasi, hal itu terbukti dengan adanya perusahaan daerah Pengolahan Air Limbah atau PD Pal.

Di Indonesia sendiri diketahui hanya ada 2 kota yang PD Palnya tidak bergabung dengan PDAM, yakni Banjarmasin dan DKI Jakarta, atas dasar itu pada gelaran CSS ke-19 nanti, Wali kota Banjarmasin Ibnu Sina berencana, mengajak ratusan kepala daerah yang tergabung dalam asosiasi pemerintah kota seluruh Indonesia atau Apeksi ke PD Pal untuk memberikan edukasi pentingnya sanitasi yang baik.

“Satu yang kita objek kunjungan istalasi air limbah kita yang berbentuk Perusahaan Daerah menginsipirasi daerah lain jadi Perusda, Banjarmasin sudah 99,9% cakupannya, kita ingin menonjolkan dimana istalasi air limbah kita ada proyeknya”, kata Ibnu Sina.

Wali kota Banjarmasin, Ibnu Sina

Meskipun PD Pal merupakan perusahaan yang merugi dan baru mendapatkan 7.000 pelanggan, namun pemerintah kota Banjarmasin tetap mempertahankan perusahaan daerah ini, karena dampak dari sanitasi yang baik akan dirasakan oleh warga nantinya.

 

Reporter : Zein Pahlevi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *