Vaksin Moderna Mulai Diberikan ke Warga Banjarmasin

BANJARMASIN, DUTA TV  Puskesmas Pelambuan di kawasan Barito Ulu Banjarmasin Barat, sudah mulai menyuntikan vaksin Moderna kepada warga, untuk dosis pertama mulai Senin ini (16/08/2021). Selain vaksin Moderna di Puskesmas ini juga melaksanakan vaksinasi Sinovac, untuk warga dengan dosis kedua.

Pihak Puskesmas memang membagi warga yang ingin melaksanakan vaksin, agar tidak terjadi kerumunan saat pelaksanaan vaksin.

Rencananya, pihak Puskesmas akan menyuntikan vaksin minimal 100 dosis perhari untuk vaksin jenis Moderna.

Menurut Kadinkes kota Banjarmasin, Machli Riyadi, yang melakukan pemantauan di Puskesmas itu, efekasi vaksin jenis Moderna yang mencapai 90% membuat animo warga yang ingin bervaksin cukup tinggi. Pihak Puskesmas juga sudah memberikan edukasi terkait efek samping dari vaksin Moderna.

“Animo cukup tinggi sekali, efekasi 90% saya kira itu yang membuat animo cukup tinggi,” ungkapnya.

“Sasaran kita minimal 100, kalau ada penambahan kita layani, simultan dengan vaksin tahap dua, antusiasme warga cukup tinggi, luar biasa,” tutur dr Taufik kepala Puskesmas Pelambuan.

Sementara itu, tingginya peminat membuat beberapa warga ada yang rela mengantri mulai dari pukul 05.00 pagi demi mendapatkan dosis pertama vaksin Moderna. “Tadi dari jam 5 subuh, efeknya pegal aja sih,” tutur Amel salah satu warga.

Keberadaan vaksin Moderna ini juga diharapkan bisa mempercepat capaian target kekemalan komunal, yang hingga saat ini baru mencapai 26% lebih, dari 388 ribu target yang akan mendapatkan vaksin COVID 19.

Reporter : Zein Pahlevi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Helman

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *