Vaksin Lansia Melambat, Balik ke Pelayanan Publik

Banjarmasin, DUTA TV — Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, target vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia) di daerahnya melambat. Saat ini, vaksinasi Covid-19 untuk lansia baru tercapai sekitar 6.000 orang.

Padahal target vaksinasi bagi lansia pada program vaksinasi tahap ke-2 digabung dengan pelayanan publik sebanyak 23 ribu.

“Saat ini gabungan lansia dan pelayanan publik itu baru tercapai 16 ribu,” ujar Machli Riyadi di Banjarmasin, Jumat (2/4).

Lihat Juga :  Ratusan Wartawan Kembali Divaksin COVID-19 Tahap II

Vaksinasi Covid-19 bagi warga lansia terkendala administrasi dan kondisi kesehatan penerima yang tidak bisa divaksinasi.

Belum lagi banyaknya berita yang kurang baik atau tidak mendukung program vaksinasi Covid-19 ini sehingga minat lansia untuk disuntik vaksin jadi berkurang di puskesmas.

“Kita harap keluarga yang di rumahnya ada lansia, segera membawa mereka ke puskesmas untuk divaksinasi, karena langkah ini agar menjaga mereka dari tertular Covid-19,” kata Machli.

Lihat Juga :  6 Juta Bulk Vaksin Covid-19 Sinovac Masuk Indonesia

Sementara berupaya memenuhi sasaran untuk vaksinasi Covid-19 bagi lansia ini, dia menyatakan fokus dialihkan kepada para pelayanan publik.

“Sebenarnya untuk pelayanan publik ini sudah hampir mencapai target, karena untuk lansia melamban, maka difokuskan ke pelayanan publik lagi,” ujarnya.

Dia memastikan vaksin yang ada baru akan kadaluarsa hingga bulan Juni nanti.

Lihat Juga :  Note : Kalsel Terbanyak Sumbang Kasus Covid Minggu ini

Sementara itu, untuk kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Banjarmasin sesuai data Satgas Covid-19 Provinsi Kalsel, hingga Jumat, total sudah sebanyak 7.582 kasus, sementara itu yang sudah sembuh sebanyak 6.338 orang dan meninggal dunia sebanyak 194 orang.(ant)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *