Tolak RUU HIP, ARBAL Gelar Aksi Damai

DUTA TV BANJARMASIN – Meski diguyur hujan, ratusan massa dari Aliansi Rakyat Banua Lambung Mangkurat atau ARBAL, menggelar aksi damai menolak rancangan undang-undang Haluan Ideologi Pancasila, di kawasan Lambung Mangkurat, Jumat siang (10/07/2020).

Mereka meminta kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah provinsi Kalsel, untuk segera menyatakan sikap penolakan terahadap adanya RUU, yang dinilai melemahkan ideologi pancasila yang sudah ada.

Adanya penolakan RUU ini didasari dengan adanya maklumat dari Majelis Ulama Indonesia, yang juga meminta agar RUU itu segera di cabut, dan dibatalkan.

Bahkan jika sampai 17 Juli mendatang RUU HIP tersebut tidak dicabut, masa mengancam akan menggelar aksi kembali, dengan massa yang lebih banyak.

“Aksi ini didasarkan fatwa MUI, yang sesuai dengan maklumat MUI, kita sebagai pewaris tahta dalam rangka merebut kemerdekaan pancasila sesuai dengan hajat ideolgi, ini Maklumat MUI. Ini amanat ulama kita, kita akan perjuangkan,” kata Tubagus, Ketua Arbal Kalsel.

Tubagus, Ketua Arbal Kalsel

Tubagus, Ketua Arbal Kalsel

Salah satu perwakilan anggota DPRD provinsi Kalsel, Suripno Sumas yang menemui pengunjuk rasa, mendukung dengan adanya aksi penolakan RUU HIP tersebut. Rencananya pernyataan sikap dari DPRD itu akan disampaikan kepada DPR RI dalam waktu dekat.

“Sudah kita sampaikan, kita baca, dan kemudian sikapi ini, kami mendukung adanya penolakan dari Arbal,” ujar Suripno Sumas, anggota DPRD provinsi Kalsel

Aksi tersebut mendapat pengawalan ketat oleh pihak kepolisian dari Mapolresta Banjarmasin dan Polda Kalsel.

Selain melakukan pengamanan petugas juga mengingatkan pendemo agar tetap memperhatikan protokol kesehatan saat melaksanakan aksi tersebut.

 

Reporter : Zein Pahlevi

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *