Terbakar, jika Meledak PLTN Zaporizhzhia 10 Kali Lebih Dahsyat dari Chernobyl

Jakarta, DUTA TVPLTN Zaporizhzhia di Ukraina terbakar akibat gempuran Rusia. Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, memperingatkan jika PLTN terbesar di Eropa itu meledak, dampaknya bisa 10 kali lipat dari Chernobyl.

“Jika meledak, akan lebih besar 10 kali lipat dari Chernobyl!! Rusia harus SEGERA menghentikan serangan,” ujar Kuleba melalui Twitter, Jumat (4/2).

Ukraina saat ini dilaporkan kesulitan memadamkan kebakaran di PLTN yang terletak di Kota Enerhodar itu karena pasukan Rusia menembaki tim pemadam.

“Pemadam tak bisa memulai memadamkan api di PLTN Zaporizhzhia. Mereka ditembaki,” demikian pernyataan Kementerian Tenaga Atom Ukraina, seperti dikutip Reuters.

Wali Kota Enerhodar, Dmytro Orlov, mengatakan bahwa kebakaran terjadi usai pertarungan sengit antara pasukan Rusia dan Ukraina di dekat PLTN Zaporizhzhia.

“Akibat bombardir tak henti musuh terhadap gedung-gedung dan unit-unit di pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, PLTN Zaporizhzhia terbakar,” ujar Orlov melalui jejaring sosial Telegram, sebagaimana dikutip Reuters.

Orlov menegaskan bahwa serangan tak henti Rusia ini merupakan ancaman bagi keamanan dunia, apalagi gempuran terjadi di dekat situs PLTN.(cnni)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *