Temulawak, Minuman Primadona Saat Berbuka Puasa

Ketika menunggu  beduk berbuka puasa, deretan menu menu makanan dan minuman melintas di pikiran. Karena perut dalam keadaan lapar dan mulut terasa haus. Apalagi kalau cuacanya terik. Pasti terbayang minuman yang segar, manis dan tentunya menyehatkan.

Beragam cara untuk memenuhi dahaga. Mulai dari membeli di pasar Ramadhan, ada pula yang  memilih untuk membuatnya sendiri dirumah agar sesuai dengan selera.

Begitu pula dengan masyarakat di kota Serambi Mekah, Martapura. Disini ada sebuah minuman yang melegenda loh. Dan cuman ada saat bulan Ramadahan tiba. Dia adalah temulawak.

Temulawak dalam bahasa ilmiahnya curcuma xanthorrhiza, merupakan tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu – temuan. Biasanya temulawak dijadikan jamu untuk pengobatan.

Di Kalimantan Selatan, tepatnya di kota Martapura, temulawak dijadikan minuman tradisional favorit yang diburu masyarakat untuk melepas dahaga setelah seharian penuh menahan haus. Badahnnya didatangkan khusus dari kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar.

Minuman yang selalu dirindukan dan kesegerannya sudah terjamin. Setiap harinya minuman ini laku keras, permintaannyapun semakin hari semakin meningkat. Dan katanya minuman tamulawak ini bisa menambah nafsu makan.

Minuman dengan bahan dasar air, temulawak dan gula ini lebih nikmat disajikan dalam keadaan dingin atau ditambahkan es sesuai selera.

Di kota Martapura banyak pedagang dadakan yang menjajakan minuman temulawak dengan harga yang sangat terjangkau. Tidak sampai 10 ribuan perbungkusnya. Rasanya unik dan memiliki kekhasan tersendiri.

Jika kalian ingin mencobanya bisa datang ke kota Martapura, tepatnya di sepanjang jalan Sukaramai menuju pasar Martapura, atau di sekitaran pasar Ramadhan Martapura.

 

Oleh : Nurul Fatia
Instagram :@nfatya

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Helman

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *