Tanggul Waduk Jebol, Jalan Takisung Tergenang

Tanah Laut, DUTA TVInilah tanggul waduk yang jebol di Desa Banua Tengah kecamatan Takisung  akibat tak mampu menampung debit air yang terus bertambah, karena diguyur hujan lebat.

Jebolnya tanggul waduk mengakibatkan aliran air yang cukup deras ke pemukiman warga hingga ke jalan raya Takisung  di Desa Benua Tengah dan Desa Gunung Makmur.

Sementara banjir juga terjadi di wilayah kota Pelaihari pada Rabu pagi (13/01/2021), hujan yang turun sejak dini hari hingga pagi mengakibatkan Sungai Tabanio dan Sungai Kandangan meluap.

Lihat Juga :  Ryan D’Masiv Hibur Pengungsi Banjir

Luapan anak sungai Desa Tabanio ini menggenangi Desa Kunyit, kecamatan Bajuin, kelurahan Angsau, kelurahan Pelaihari dan Desa Panjaratan.

Belasan Ribu Jiwa Terdampak Banjir di Tanah Laut

Sebelumnya banjir juga sudah menggenangi wilayah kecamatan Bati-bati, kecamatan Tambang Ulang, kecamatan Kurau dan kecamatan Bumi Makmur.

Berdasarkan data sementara BPBD Tala jumlah rumah yang terdampak 3.755 unit yang terdiri dari 3.827 kepala keluarga atau sekitar 12.564 jiwa.

Lihat Juga :  Pemkab Tala Siapkan Rp 2,5 Milliar Untuk Penanganan Banjir

Data tersebut belum termasuk rumah-rumah yang terendam hari Rabu pagi, sejumlah desa di kecamatan Takisung terendam akibat jebolnya tanggul waduk. Saat ini petugas dan relawan masih mendata secara detail warga yang terdampak sekaligus untuk menyalurkan bantuan. Sementara itu aparatur desa pandahan dan relawan menyalurkan bantuan bagi korban banjir di Desa Pandahan, lantaran sebagian warga tak bisa beraktivitas karena rumahnya terisolir banjir.

Lihat Juga :  Korban Banjir Berharap Tempat Pengungsian Yang Layak

Pemerintah kabupaten Tanah Laut sejak Senin kemarin sudah menjadikan kawasan Tanah Laut tanggap darurat banjir, untuk kawasan terparah seperti Desa Benua Raya kecamatan Bati-bati dan wilayah kecamatan Kurau serta Bumi Makmur.

Reporter : Suhardadi

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *