hukum Pemerintahan

Tak Kunjung Menetapkan Jabatan Wakil, Bupati HST Diadukan Kepolisi

DUTA TV BANJARMASIN– Perwakilan kuasa hukum LBH GP Anshor Kalimantan Selatan awal 3 Juli lalu mendatangi kantor Ditreskrimsus Polda Kalsel.

Kedatangan mereka ke Mako Ditreskrimsus tersebut untuk melaporakan dugaan penyalahgunaan jabatan oleh bupati Hulu Sungai Tengah Achmad Chairansyah, lantaran kepastian penunjukan wakil bupati atas nama-nama yang diajukan partai politik tak kunjung terealisasi.

Berdasarkan keterangan proses pengisian jabatan kosong wakil bupati tersebut berkutat pada pengusulan sejumlah nama yakni Berry Nahdian Furqon, Mahmud dan Faqih jarjani oleh parpol pengusung, Gerindra, PKS dan PBB yang diajukan melalui surat pada 19 Mei 2019.

Namun pada 21 Juni Mahmud yang sebelumnya diusulkan partai Gerindra mengajukan permohonan mengundurkan diri untuk tidak dipilih atas dasar pertimbangan kesibukan sehingga menyisakan dua nama calon bupati HST.

Kendati demikian menurut Syaban Husin Mubarak selaku perwakilan kuasa hukum GP Anshor menjelaskan, permohonan Mahmud tidak ditanggapi bupati dan tetap memasukan nama Mahmud serta mencoret salah satu nama yakni Berry.

“Tanggal 22 Juni partai sudah mengusulkan nama tetapi ternyata bupati mencoret salah satunya yakni Berry dan malah mengajukan 2 nama berlainan yang salah satunya sudah mengundurkan diri,” terang Syaban Husin Mubarak.

Syaban Husin Mubarak (kiri), perwakilan kuasa hukum GP Anshor

Sementara itu saat coba dikonfirmasi tim Duta TV  bupati Hulu Sungai Tengah, melalui Kabag humasnya mengatakan hingga saat ini Pemkab belum menerima surat resmi dari Polda Kalsel terkait polemik jabatan sendiri pihaknya masih dalam tahap penyatuan kesepahaman antara Pemkab dan partai politik.

Saat ini laporan terkait pencoretan salah satu nama calon wakil bupati yakni Berry Nahdian Furqon tersebut diduga melanggar undang – undang No. 10 tahun 2016 terkait penyalahgunaan jabatan. Terkait hal itu pihak kepolisian pun mengaku tengah menerima laporan dan akan segera memprosesnya untuk diketahui sejauh mana perkembangan itu.

Tim Liputan


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *