Tak Bisa Uji KIR, Pemkab Kotabaru Rugi Ratusan Juta

Kotabaru, DUTA TV — Unit pengujian kendaraan bermotor milik pemerintah Kabupaten Kotabaru, yang ada di Terminal Stagen sudah tak melakukan pelayanan uji kIR sejak Januari 2021.

Sebabnya peralatan yang ada tidak memenuhi standar untuk sistem elektronik serta tidak tersedia dana untuk merehabilitasi alat.

Kondisi itu merugikan pemilik kendaraan wajib uji karena mereka harus menumpang uji di daerah tetangga. Tak hanya itu imbasnya pemerintah daerah juga kehilangan potensi pendapatan ratusan juta rupiah.

“Pada kita langsung melorot dari potensi 350 juta jadi nol, selama ini memang tidak ada pemeliharaan yang signifikan informasi ke saya sejak 2017, ini coba kita benahi lagi,” kata Sugian Noor Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kotabaru

Pada tahun ini Dinas Perhubungan Kabupaten Kotabaru, berupaya melengkapi peralatan seperti diminta Kementerian Perhubungan serta mengajukan akreditasi lagi, namun ini perlu dukungan biaya yang tidak sedikit.

Terkait itu diharapkan, ada perhatian dari pemerintah daerah dan DPRD untuk memaksimalkan pemeliharaan dan pengadaan peralatan pengujian kendaraan bermotor.

Reporter : Nazat Fitriah

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *