Sukamta Apresiasi BUMDES Binaan CSR PT.Arutmin

Tanah Laut, DUTA TV — Bupati Tanah Laut Muhammad Sukamta mengapresiasi badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Berkah Mulia yang merupakan binaan CSR PT. Arutmin Site Kintap . Sebagai bentuk Apresiasi Sukamta menyerahkan piagam penghargaan kepada Bumdes yang berada Di Desa Bukit Mulia, serta menyerahkan bantuan mobil Ambulans dari PT Arutmin Site Kintap , untuk operasional bagi warga .

Apresiasi Bupati Sukamta kepada Bumdes Berkah Mulia ,saat pertemuan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang digelar jajaran CSR PT. Arutmin Site Kintap . Selain memberikan penghargaan kepada Bumdes, Sukamta juga mengapresiasi UMKM yang dibina oleh CSR PT. Arutmin diantaranya pengembangan usaha jasa menjahit ,budidaya serai wangi ,ternak ayam ras petelur ,hingga usaha produksi jamu tradisional , serta sejumlah Usaha Kecil Menengah lainnya.

Lihat Juga :  14 Juta Hektar Lahan dan Hutan di Indonesia Kritis

Sukamta pun mengajak seluruh badan usaha milik Desa (Bumdes) di wilayah Tala dapat terinspirasi dengan bumdes berkah mulia yang terbukti mampu bersaing dengan pengusaha nasional dalam mitra kerja penyediaan catering di PT Arutmin Indonesia Site Kintap. Pertemuan kemudian di lanjutkan dengan peresmian dapur catering di kantin karyawan PT. Arutmin Site Kintap, yang dikelola oleh Bumdes Berkah Mulia.

Sukamta berharap semua Bumdes harus memiliki tekad yang kuat dan cita-cita yang besar , demi kemajuan pembangunan masyarakat Desa di Tanah Laut .

Lihat Juga :  Putusan PTUN Menangkan Pemkab Tanah Laut Atas Gugatan PT PCL

“Dengan langkah yang kecil, lalu kita berpikir besar dan gerak cepat untuk berubah itu yang akan membuat umkm kita besar dan membangun perekonomian yang lebih maju lagi,” harapnya.
Sementara itu Mine Manager dan Kepala Teknik Tambang Lutfi Qolbirokhim mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat sekitar sudah dapat mandiri dan menopang masa depan yang lebih baik. “jika sudah ada modal dasar dan pondasi yang kuat, usaha-usaha di desa juga dapat berjalan dengan baik serta mereka dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat di wilayahnya,” ungkap Lutfi. Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) Berkah Mulia berkontribusi untuk pendapatan asli Desa Bukit Mulia tahun 2019 dan tahun 2020 sebesar 26 juta Rupiah lebih.

Lihat Juga :  14 Juta Hektar Lahan dan Hutan di Indonesia Kritis

Bumdes Berkah Mulia yang dibina oleh CSR PT. Arutmin Site Kintap mengembangkan sejumlah usaha di Desa Bukit Mulia Kecamatan Kintap , diantaranya budidaya Tanaman Serai Wangi , Pelayanan PDAM untuk sarana air bersih bagi warga , yang dikelola oleh Bumdes , Peternakan Ayam Ras Petelur , hingga usaha jasa Catering .

Reporter : Suhardadi

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *