Singa Barong Turut Sembahyang di klenteng Rayakan Imlek

Banjarmasin, DUTA TV — Tak hanya ummat  warga Etnis Tionghoa saja yang merayakan Imlek di Po An Kiong atau Klenteng Karta Raharja, yang melaksanakan peribadatan sembahyang di tahun baru Imlek. Singa Barongsai juga turut menjalankan peribadatan, sebagai ritual wajib sebelum melaksankan pertunjukkan.

Singa barong atau Barongsai yang kerap mewarnai hari tahun baru imlek disembahyangkan pengurus klenteng,  merapalkan mantra pemujaan, serta doa bagi singa barongsai, yang menurut kepercayaan Etnis China, singa disematkan sifat keberanian, kebijaksanaan dan keunggulan. Pemain yang menyembahyangkan barongsai hendi mengatakan, ritual ini wajib dilakukan sebelum melakukan pertunjukkan, meski di tahun ini mereka tidak menggelar pementasan, sembahyang tetap dilangsungkan untuk membantu spirit para pemain barongsai.

Lihat Juga :  Klenteng Sepi Di Hari Imlek, Warga Berharap Pandemi Covid Segera Berlalu

“Dari barongsai ideal kp gedang, menyembahyangkan barongsai, biasanya setiap tahun ke klenteng dulu sebelum turun. Karena tahun ini masa pandemi kita tida bisa adakan keramaian, ini pertama ke klenteng wajib disembahyangkan. Karena kalo barongsai memang harus disembahyang karena memiliki roh, itu untuk membantu pemain agar spiritnya naik, atau penyemangat lah” Katanya.

Lihat Juga :  Penjualan Pernak Pernik Imlek Turun Drastis

Harapan pandemi segera berlalu menjadi keinginan semua masyarakat, tak terkecuali warga Etnis Tionghoa, agar semua roda kehidupan dapat kembali berjalan normal, dan aktifitas sosial dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Reporter : Fadli Rizki

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *