Siaga Hadapi Bencana, Pemkab Kotabaru Bentuk Posko

DUTA TV KOTABARU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Kotabaru menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah instansi terkait.

Rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut surat edaran menteri dalam negeri perihal antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana karena adanya potensi cuaca ekstrem.

Adapun bencana yang diwaspdai yakni banjir dan tanah longsor.

Dari hasil rapat koordinasi tersebut ada beberapa langkah yang diambil, antara lain membentuk posko yang dipusatkan di kantor BPBD Kotabaru.

Kemudian penyebaran informasi akan dilakukan secara masif kepada masyarakat guna meningkatkan kewaspadaan serta pengetahuan dalam menghadapi bencana, hal itu sebagai salah satu upaya mitigasi atau mengurangi resiko bencana.

“Penempatan posko di BPBD kemudian SOP nya, kemudian penyebarluasan informasi kepada warga agar berhati-hati, dan memperhatikan prakiraan cuaca dari BMKG, kita mengurangi penanggulangan kita berharap ke depannya lebih banyak pencegahan, untuk menghindari hal-hal yang akan terjadi, kalau penanggulangan ekstra bekerjanya,” tutur Rusian Ahmadi Jaya, Sekretaris BPBD kabupaten Kotabaru.

Rusian Ahmadi Jaya, Sekretaris BPBD kabupaten Kotabaru

Rusian Ahmadi Jaya, Sekretaris BPBD kabupaten Kotabaru

Sementara itu potensi cuaca ekstrem yang diwaspadai ini merujuk pada Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG.

Di Kalimantan Selatan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi pada sembilan hingga 13 Januari 2020 di hampir seluruh wilayah.

Reporter : Nazat Fitriah


Follow Me:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *