Siaga Erupsi, Warga Merapi Jual Ternak

Boyolali, DUTA TV — Sejumlah warga yang mempunyai hewan ternak di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah yang berjarak hanya 3 KM dari puncak Merapi mulai menjual hewan ternaknya.

Hhal tersebut mereka lakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu gunung Merapi erupsi dan tidak sempat mengevakuasi hewan ternak.

 

Salah satu warga Kecamatan Selo, Gimo Wartono mengaku sudah menjual sebagian ternaknya saat mendapat himbauan dari BPBD setempat untuk mengungsi. Gimo khawatir ternak sapinya tidak ada yang mengevakuasi sehingga terpaksa menjualnya.

“Ternak gimana ya, sebagian udah ada yang mulai dijual sebagian belum. Itu informasinya ternak sapi ada yang nanggung dari pemerintah daerah gitu,”kata Gimo.

Sekretaris Desa Tlogolele, Achtah Nur Edy menerangkan, pihaknya mengimbau memprioritaskan keselamatan diri dan selalu waspada serta siap siaga apabila sewaktu-waktu gunung Merapi erupsi, karena lokasi sebagian desa Kecamatan Selo yang terbilang dekat dengan Merapi dan masuk dalam kawasan rawan bencana 3.

“Untuk warga diluar lansia masih beraktivitas biasa normal, tetapi tetap meningkatkan kewaspadaan terkait aktivitas gunung merapi. Total mayoritas yang mengungsi itu lansia dengan total 133 jiwa,”terangnya.

Balai Penyelidikan Dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta menyebut aktivitas seismik dan deformasi di tubuh gunung Merapi terus meningkat sejak statusnya dinaikkan menjadi Siaga pada 5 November lalu.

 

Sumber : antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *