Karhutla Lingkungan

Selama Agustus 276 Hektar Lahan di Tanah Laut Terbakar

DUTA TV TANAH LAUT – Kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Tanah Laut pada bulan Agustus  meningkat dibanding bulan sebelumnya.

Peristiwa kebakaran hutan dan lahan pada bulan ini didominasi di wilayah kecamatan Bati-bati, dan kecamatan jorong yang paling sering terjadi kebakaran lahan, dalam sehari  kebakaran lahan di Tanah Laut rata-rata 4 kali kejadian di lokasi yang berbeda.

Penyebab kebakaran lahan kali ini dipicu karena cuaca yang cukup panas di musim kemarau, serta akibat kelalian manusia.

Kepala pelaksana BPBD kabupaten Tanah Laut, Muhammad Kusri mengungkapkan, sepanjang bulan Agustus ini 108 kali kejadian karhutla di Tanah Laut dengan luas lahan yang terbakar 176,92 hektare, guna mengantisipasi kebakaran lahan satgas karhutla Tanah Laut terus melakukan himbauan terhadap masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Tala peringkat pertama karhutla ada 108 kali kejadian dan kita tangani dengan cepat jadi tidak sempat meluas”, ungkap Muhammad Kusri.

Kepala pelaksana BPBD kabupaten Tanah Laut, Muhammad Kusri

Sementara itu sejak bulan Januari hingga Agustus 2019 di wilayah kabupaten Tanah Laut terjadi 158 kali kebakaran hutan dan lahan yang mencakup 276 hektar lebih lahan yang terbakar.

Kasus karhutla paling sering terjadi di wilayah kecamatan Bati-bati dengan jumlah 56 kali kejadian dan lahan yang terbakar seluas  93,63 hektare, menyusul kecamatan jorong dengan jumlah 44 kali kejadian dengan luasan lahan 75,45 hektare.

 

Reporter : Suhardadi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *