Pascabanjir, Sampah Menumpuk di Bawah Jembatan Sungai Jelapat

sampah menumpuk di jembatan pascabanjir Kotabaru (foto : dutatv)

KOTABARU, DUTA TVPetugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PUPR kabupaten Kotabaru Jumat pagi (24/06/2022) melakukan pembersihan sampah.

Pascabanjir Kamis lalu penumpukan sampah terjadi di bawah Jembatan Sungai Jelapat desa Semayap Kecamatan Pulau Laut Utara yang terjadi Pascabanjir Kamis lalu (23/06/2022).

Sampah didominasi tumbangan pohon dan rumpun bambu, disamping juga sampah rumah tangga. Pembersihan dikerjakan secara manual dengan berbagai peralatan seperti cangkul dan penggaruk untuk mengurai sampah yang tersangkut dan menggumpal di antara tiang jembatan.

Sampah-sampah ini kemudian dihanyutkan ke laut, kecuali yang berukuran besar seperti gelondongan kayu diangkat ke daratan dan dimuat ke dalam truk. Tak kurang dua truk sampah yang berhasil diangkat dari bawah jembatan dan selanjutnya dibuang ke TPA.

“Ada beberapa sungai, tapi yang terdampak dengan tumpukan sampah di sini, yang dominan pohon-pohon yang roboh saat hujan kemarin. Hari ini langsung diperintahkan bupati tim gabungan melakukan pembersihan,” jelas PLT Kepala BPBD Kotabaru, Hendra Indrayana.

Pembersihan sampah yang menyumbat aliran sungai ini juga sekaligus sebagai upaya antisipasi terhadap potensi banjir susulan. Terlebih hingga hari intensitas hujan di kabupaten Kotabaru belum berkurang.

Reporter : Nazat Fitriah

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.