RSUD Jayapura Akan Produksi Oksigen Sendiri

Jayapura, DUTA TV —  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok II Jayapura berencana memproduksi oksigen medis secara mandiri mulai awal Agustus 2021 menyusul kebutuhan yang meningkat selama lonjakan kasus positif Covid-19 di Papua.

“Jadi pada minggu pertama Agustus kami akan memasang peralatannya dan minggu kedua mulai memproduksi oksigen medis sendiri,” kata Direktur RSUD Jayapura Aloysius Giyai, Rabu (21/7).

Lihat Juga :  Sebaran COVID-19 Varian Baru, Dinkes : Banjarmasin Masih Aman

Aloysius menargetkan produksi secara mandiri ini bisa mencapai 300 tabung oksigen medis per hari. Saat ini kebutuhan oksigen medis pasien Covid-19 dan umum mencapai 200 tabung sehari.

“Setiap hari untuk melayani pasien Covid-19 dan juga pasien umum dibutuhkan kurang lebih 200 tabung oksigen, sementara yang tersedia sangat terbatas,” ujarnya.

Menurutnya, kebutuhan oksigen medis untuk pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Jayapura juga terus meningkat. Ia mengaku sudah melaporkan kondisi ini kepada Gubernur Papua Lukas Enembe.

Lihat Juga :  Setelah 82, Kemarin 41 Pasien Isolasi Corona di Irak Tewas Terbakar

“Kondisi ini, telah dilaporkan ke Gubernur Papua yang kemudian ditindaklanjuti dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait untuk mengatasi hal-hal yang bersifat darurat,” katanya.

Sebelumnya, Provinsi Papua dan Papua Barat mulai mengalami kelangkaan oksigen medis lantaran melonjaknya angka terkonfirmasi positif Covid-19 di dua wilayah itu.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, Silwanus Sumule mengatakan kelangkaan oksigen medis terjadi karena permintaan yang meningkat signifikan akibat lonjakan pasien terpapar Covid-19.(cnni)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *