Rentan Terpapar Covid-19, Ibu Hamil di Kalsel Mulai Divaksinasi

Banjarmasin, DUTA TV — Terhitung sejak awal pandemi hingga saat ini, tercatat sedikitnya 147 ibu hamil terpapar Covid-19. 7 diantaranya meninggal dunia dan 18 orang bayi harus dilahirkan secara premature.

Data itu didapat dari jumlah pasien ibu hamil yang dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin. Kondisi itulah yang membuat pemerintah memberikan rekomendasi vaksinasi bagi ibu hamil per 2 Agustus lalu.

Pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil pun dilaunching Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, Rabu pagi ditandai dengan pemberian vaksin kepada 50 orang ibu hamil dari kota Banjarmasin. Sedikitnya total ada sekitar 80 ribuan ibu hamil yang harus divaksin di Kalsel, 25 ribuan diantaranya memenuhi kriteria atau sudah wajib vaksin karena usia kandungan minimal 13 minggu.

Paman Birin Menyerahkan Bingkisan kepada Ibu Hamil
Paman Birin Menyerahkan Bingkisan kepada Ibu Hamil

Gubernur memastikan vaksin ini aman dan berharap dapat menjadi benteng bagi para ibu hamil yang ada di Kalimantan Selatan terhadap paparan covid-19. Apalagi, dari data BKKBN Kalsel, angka ibu hamil selama pandemi mengalami peningkatan sebanyak 10%.

“Ibu hamil kalau dari estimasi ada 80 ribu tapi dengan kriteria sekitar kriteria dalam artian yang akan divaksin pada trimester kedua, jadi sekitar diatas minggu 12 sekitar 25 target dari kementrian sekitar 20 ribuan,” kata HM Musli, Kadinkes Kalsel.

“Selama ini ibu hamil kan tidak diizinkan secara khsuus pemerintah memberi aturan ibu hamil sudah divaksin dari usia 13 minggu sampai melahirkan. sekarang vaksin di indoensia boleh dipake hari ini sinovac selama ini kita sudah melakukan kajian penelitian ada yang melibatkan puluhan ibu hamil setelah diteliti dan hasilnya tidak berbeda dengan ibu yang tidak hamil,” ucap Dr. Bambang Abimanyu, ketua POGI Kalsel.

“Cukup meningkat jadi saat pandemi orang dirumah saja saat itu juga meningkat kehamilannya ini yang dikhawatirkan justru sampai meninggal, jadi di RS ada 7 ibu hamil meninggal. Himbauan saja agar ibu-ibu jangan takut untuk divaksin justru divaksin bagus untuk ketahanan ibu-ibu,” tutur Ir Ramlan, Kepala BKKBN Kalsel.

Berdasarkan surat edaran Kemenkes, jenis vaksin yang digunakan untuk ibu hamil antara lain Pfizer, moderna dan sinovac. Dalam kesempatan launching ini, Paman Birin juga menyerahkan bingkisan kebutuhan ibu hamil secara simbolis.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *