Remaja Putus Sekolah Tala Berkesempatan Kembangkan Bakat

Tanah Laut, DUTA TV —  Sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan kesejahteraan sosial para remaja putus sekolah, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut memberikan sosialisasi kepada 20 remaja putus sekolah yang ada di Desa Pulau Sari Kecamatan Tambang ulang. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Manunggal Tuntung Pandang yang digelar di ruang belajar Sekolah Taman Kanak-Kanak, Jum’at (25/6).

Materi yang diberikan pada sosialisasi berupa pengenalan panti-panti sosial yang menangani masalah kesejahteraan sosial yang bertujuan membangkitkan minat para remaja putus sekolah untuk tetap mengasah keterampilan yang mereka inginkan.

Lihat Juga :  Terpengaruh Minuman Keras, 4 Pemuda Kroyok dan Tusuk Seorang Remaja

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Sukarti menjelaskan bahwa pembinaan yang dilakukan di setiap panti-panti sosial biasanya dilaksanakan selama 6 bulan dengan harapan setelah para remaja binaan lulus mereka mempunyai keahlian dan mampu mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan sosial.

“Paling tidak mereka-mereka yang putus sekolah itu dengan pembinaan di panti sosial memiliki kemandirian secara keterampilan. Pembinaan ini juga diharapkan menekan terjadinya pernikahan dini karena pernikahan dini juga menjadi salah satu penyebab kemiskinan itulah yang dihindari,” ujar Sukarti.

Lihat Juga :  Terpengaruh Minuman Keras, 4 Pemuda Kroyok dan Tusuk Seorang Remaja

Tanggapan juga datang dari Khadijah remaja putus sekolah saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama. Perempuan ini mengaku memutuskan untuk berhenti sekolah dikarenakan mengurus orang tua yang sedang sakit. Ia mengaku senang mengikuti sosialisasi yang diberikan karena bisa mendapatkan informasi untuk tetap bisa mengembangkan minat bakat yang dimiliki meski sudah putus sekolah.

Lihat Juga :  Terpengaruh Minuman Keras, 4 Pemuda Kroyok dan Tusuk Seorang Remaja

“Saya dari saat masih bersekolah dulu sudah tertarik pada komputer dan berniat mempelajari lebih dalam lagi,” ungkap Khadijah.

 

Reporter : Suhardadi

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *