Ratusan Tuan Guru Ikuti Haul di Kediaman Guru Syukur

Martapura, DUTA TV Ratusan tuan guru dari pondok pesantren (ponpes) Darussalam dan ponpes Syech Muhammad Arsyad Ala Banjari di Dalam Pagar Martapura, menghadiri haul ke 17 al mukkarom KH. Abdussyukur (Guru Syukur). Agenda digelar khusus bagi para tuan guru di kediaman almarhum di komplek Institut Agama Islam Darussalam Martapura, Rabu siang.

Pimpinan pondok pesantren (ponpes) Darussalam Martapura, KH. Hasanuddin Badruddin memimpin kegiatan haul yang diawali dengan pembacaan surah Yasin, kemudian tahlil dan tahmid, diikuti oleh ratusan jemaah yang terdiri dari para guru di ponpes Darussalam dan ponpes Syeh Muhammad Arsyad Al Banjari.

Kegiatan haul khusus yang dilaksanakan oleh dzuriat Guru Syukur di kediaman almarhum, selain diikuti para tuan guru dan pengajar, juga diikuti keluarga besar ulama di Kota Martapura.

Semasa hidupnya, sosok Guru Syukur dikenal sebagai ulama yang tegas, dan memimpin ponpes darussalam martapura dengan baik. Sehingga mendapat kepercayaan dari pendahulunya KH. Salim Ma’ruf untuk memimpin sementara saat KH. Salim Ma’ruf sedang sakit.

Menurut Pimpinan Ponpes Darussalam Martapura, KH. Hasanuddin, disamping tegas, sosok Guru Syukur memiliki loyalitas tinggi dalam mengajar dan mengembangkan syiar agama. Ia menjadi pengajar sejak tahun 1950 hingga dipercaya sebagai pimpinan ponpes Darussalam Martapura ke 8.

“Beliau sosok yang komitmen mengembangkan pendidikan agama,”kata KH. Hasanuddin.

Sebelumnya, dari keterangan dzuriat almarhum Guru Syukur, Yakni KH. Tarhib, pada malam Rabu digelar haul bagi jemaah umum di kubah jalan KH. Anang Syarani, yang diikuti puluhan ribu maayarakat.

 

Reporter : Tarida Sitompul

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *