Rahasia Peternak Sapi Perah di Jember, Bertahan Saat Pandemi

DUTA TV JEMBER – Walaupun mengalami pelambatan dibandingkan sektor lain, namun bidang agribisnis kini memang masih tumbuh termasuk bagi para peternak sapi perah.

Diakui omzet tentu saja menurun drastic di masa wabah Covid-19. Tetapi hal itu tidak membuat para peternak di kecamatan ajung, kabupaten jember, jawa timur, patah semangat.

Di saat pandemi saat ini mereka terus memutar otak agar permintaan produk susu sapi segar kembali normal, diantaranya, dengan menyosialisasikan pentingnya mengonsumsi susu sapi segar, guna menjaga daya tahan tubuh, sehingga terhindar dari paparan virus sars Cov-2, di media sosial.

Pemerintah kabupaten jember pun ikut mendukung, dengan mengadakan program susu segar gratis bagi ibu hamil.

Perlahan, usaha mereka kini mulai kembali bangkit, dan permintaan dari konsumen pun kembali normal bahkan meningkat dibandingkan sebelumnya.

Seperti yang dialami Nyoman Aribowo di mana dalam sehari sekitar 300 liter susu sapi murni mampu dihasilkan dari peternakan sapi perah miliknya.

“Responnya luar biasa meningkat 50%, sampai hari ini kita kehabisan malah,” tuturnya.

Dengan adanya program susu gratis bagi ibu hamil, peternak sapi perah di Jember kini mampu bertahan, dan terus berupaya meningkatkan kualitas produk susu segarnya.

“Diperuntukkan ibu hamil, setiap hari ibu hamil ini mendapatkan susu sapi botol untuk meningkatkan gizi mereka,” jelas Gatot Tryono Kadis Kominfo Kabupaten Jember.

Kerja sama antara Pemkab Jember dengan peternak ini, tentu saja membuat perekonomian masyarakat di bidang agribisnis terus bertahan di tengah wabah yang masih terjadi hingga kini. (hmk/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *