Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Gula Bombana Berdaya Serap 15 Ribu Naker

Jakarta, DUTA TV — Presiden Joko Widodo meninjau lokasi panen tebu sekaligus meresmikan pabrik gula yang berada di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Dalam video yang diunggah kanal youtube Sekretariat Presiden, Kamis 22 Oktober, Presiden Joko Widodo mengatakan investasi untuk membuka kebun tebu dan pabrik gula tersebut merupakan sebuah keberanian yang patut diapresiasi.

Investasi kebun tebu dan pabrik gula tersebut juga  mampu menyerap ribuan tenaga kerja lokal. Dalam operasinya, kebun dan pabrik yang dioperasikan PT. Prima Alam Gemilang ini dapat menyerap maksimal 15 ribu tenaga kerja.

“Dimulai tiga tahun yang lalu dan sekarang selesai dan sudah berproduksi. Membuka industri, membuka pabrik gula, dan yang paling penting membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Ini poin yang paling penting yang ingin saya garis bawahi,”terang Jokowi.

Kepala Negara menambahkan, kebutuhan gula di tanah air mencapai 5.8 juta ton per tahunnya. Dari jumlah tersebut baru 2,1 juta ton yang mampu diproduksi di dalam negeri sedangkan sisanya masih mengandalkan impor.

Jokowipun mengapresiasi pendirian pabrik gula tersebut karena nantinya akan mengurangi impor gula.

Pengerjaan pabrik gula dimulai pada tahun 2017 yang pada saat itu juga diresmikan oleh Presiden Jokowi. Dengan teknologi modern yang didukung otomatisasi, pabrik gula ini mampu memproduksi gula kristal putih sebanyak 800 hingga 1200 ton per hari.

 

Sumber : antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *