Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tapin

Kabupaten Tapin, DUAT TV — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Meresmikan Pembangunan Bendungan Tapin yang berada di Desa Pepitak Jaya Kecamatan Piani Kabupaten tapin. Bendungan senilai 986 milyar rupiah ini, selain dapat mengairi persawahan dan pembangkit tenaga listrik juga sebagai upaya pengendali bencana banjir.

Selain itu, dengan adanya bendungan di Desa Pepitak Jaya, Kecamatan Piani, kabupaten Tapin ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar.

Selain mampu dijadikan sebagai sumber irigasi persawahan, sumber air bersih dan pembangkit tenaga listrik, bendungan ini berkapasitas 56,7 juta meter kubik air.

Lihat Juga :  Pasca Banjir, Komisi III Pantau Insfrastuktur di Tapin dan HSS

“Bahwa karena adanya bendungan Tapin ini banjir di kabupaten Tapin bisa dikurangi, inilah fungsi bendungan selain mengairi sawah selain untuk menghasilkan listrik, selain untuk air baku juga dalam rangka pengendalian banjir, kita tau banjir di provinsi Kalsel mencakup sebuah area yang sangat luas kurang lebih 10 kabupaten dan kota dan ini perlu penanganan yang konferensip dari hulu sampai hilir agar intervensi terhadap rehabilitasi lahan itu sangat penting sekali, penggunaan kembali penanaman kembali dilahan lahan terutama yg berkaitan dengan DAS daerah aliran sungai yang ada ini perlu segera dilakukan secara besar besaran kalau kita tidak mau lagi terkena banjir dimasa masa yang akan dating” Tegas Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Lihat Juga :  Presiden Joko Widodo Tinjau Banjir Dari Jembatan Pekauman

Sementara PJ Gubenur Kalimantan Selatan Safrizal ZA menuturkan bendungan tersebut bekerja sangat efektif karena dapat menahan air banjir di Kabupaten Tapin.

“Bendungan ini bekerja sangat efektif dalam banjir besar kemarin salah satu keuntungan dari multipurpose bendungan ini berhasil menahan banjir untuk kabupaten Tapin sehingga kabupaten Tapin menjadi salah satu kabupaten yg paling kecil mendapat efek banjirnya, Alhamdulillah bisa kita sampaikan terimakasih kami kepada bapak presiden atas nama masyarakat di kabupaten Tapin mudah mudahan bendungan ini juga dapat memberikan manfaat lainnya selain sebagai pengendali banjir, sumber energi listrik dan mengairi sawah yg ada disektor hilir” ungkap Safrizal ZA

Lihat Juga :  Minggu Ini Jokowi Resmikan 3 Bendungan Termasuk Tapin

Selain dengan adanya bendungan, Joko Widodo juga mengajak seluruh Pemerintah setempat untuk dapat melakukan intervensi terhadap rehabilitasi lahan secara besar besaran, agar musibah banjir dapat dikendalikan secara maksimal kedepannya.

Reporeter : Muhammad Irfansyah

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *