PPKM Darurat Jawa-Bali, Harga Sapi Ikut Naik

BANJARMASIN, DUTA TV  Salah seorang pedagang hewan kurban sapi di kawasan RK Ilir Banjarmasin Selatan, mengeluhkan harga yang melonjak, jelang Idul Adha.

Kenaikan harga tersebut seiring dengan adanya pemberlakuan PPKM darurat di pulau Jawa dan Bali. Bahkan kenaikan harga jual itu mencapai Rp 2 juta perekornya.

Selain harga yang mulai meningkat, kendala di lapangan juga dikeluhkan oleh pedagang sapi, karena harus melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu pada pekerjanya yang membawa hewan kurban tersebut.

Lihat Juga :  Penjualan Sapi Naik 50%

Pandi, salah satu penjual hewan kurban sapi mengatakan sebagian besar yang didatangkannya berasal dari pulau Jawa, seperti Bangkalan dan Sampang Madura. Meski ada juga yang berasal dari provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Sebagian sapi kan ngambil dari Jawa, kalau misal dari bangkalan, sampang, harus Rapid Tes dulu, sedangkan perjalanannya kan cuma satu hari. Pagi beragkat sore datang, pagi harus tes dulu,”  ujarnya.

Lihat Juga :  Sapi Kurban Masuk Sumur

Pandi juga memprediksi penjualan hewan kurbannya untuk tahun ini diperkirakan menurun. Pasalnya, harga hewan yang mahal, dan belum jelasnya peraturan dari pemerintah, apakah diperbolehkan untuk melaksanakan solat Idul Adha dan melaksanakan penyembelihan hewan kurban atau tidak.

Reporter : Zein Pahlevi

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *