Polsek Lokpaikat Ajak Komponen Masyarakat Cegah Karhutla

Rantau, DUTA TV — Memasuki kemarau yang dapat menimbulkan potensi musibah kebakaran hutan dan lahan, Polsek Lokpaikat beserta Koramil setempat menggelar rapat lintas sectoral, pada jumat siang kemarin.

Sejumlah persiapan dalam upaya pencegahan penanganan karhutla di wilayah Kecamatan Lokpaikat jadi pemabahasan dalan pertemuan yang dihadiri berbagai komponen masyarakat.

“tadi kita sama sama membahas bagaimana langkah yang diambil kemudian menyamakan persepsi ketika nanti terjadi karhutla apa saja yang harus kita lakukan dan tadi sudah kita sepakati bersama, salah satu kesepakatan nya sendiri adalah bahwasanya dari pihak kepala desa akan selalu siap membantu kami dari perangkat tni polri bersama tadi juga ada kami sama sama cetuskan mapala yaitu masyarakat peduli kebakaran hutan dan lahan jadi nanti ketika ada karhutla masyarakat tetap akan setia turut serta membantu petugas untuk memadamkan api” Kata Kapolsek Lokpaikat Iptu Arie Handoyo.

Sementara Danramil 1010/07 Piani – Lokpaikat Kapten Waluyo mengatakan, TNI dan Polri sepakat bersama – sama melaksanakan sosialisasi langsung turun kelapangan ke desa-desa ke lahan pertanian, maupun perkebunan untuk menghimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan.

“jadi kami bersama kapolsek sepakat bersama anggota babinsa dan babinkamtibmas melaksanakan sosialisasi langsung turun kelapangan ke desa-desa ke lahan pertanian maupun perkebunan untuk menghimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan, karena kebiasaan membuka lahan dengan cara membakar itu harus mulai sekarang dihentikan kemudian relawan yg digagas oleh kapolsek masyarakat peduli karhutla tadi itu betul betul kita persiapkan dari desa masing masing bersama babinsa babinkamtibmas termasuk kita juga bekerjasama dengan pihak perusahaan untuk membantu antisipasi apabila terjadi kebakaran hutan di wilayah sini” Tegasnya.

PT. Bre Siap Bantu Tangani Karhutla di Wilayah Tapin

Sementara itu PT Bhumi Rantau Energi atau B-R-E salah satu perusahaan pertambangan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Tapin menyatakan siap untuk membantu pihak T-N-I Polri dalam pencegahan dan penanganan karhutla pada tahun ini.

Untuk mengurangi resiko kebakaran hutan dan lahan, PT B-R-E juga telah membuat zona pembatas yang berfungsi untuk menghambat perluasan api saat terjadinya karhutla.

Reporter : Muhammad Irfansyah

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *