Polisi Tangkap Terduga Ujaran Kebencian terhadap Etnis Tionghoa

Banjarmasin, Duta TV Terduga penyebar ujaran kebencian terhadap etnis Tionghoa ini ditangkap anggota Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel di Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut, belum lama tadi.

Terduga bernama Watno, warga asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Dalam kasus ini terungkap bahwa terduga menyebarkan selebaran berisi nada rasis pada 19 titik di sekitaran kawasan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Andi Rian Djajadi, menyebut bahwa tidak hanya di Banjarmasin, selebaran telah disebar oleh pelaku di 227 titik di 14 kota, termasuk Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palangka Raya, Sampit, hingga Pontianak.

Sementara terduga mengaku sebelumnya dirinya melakukan meditasi dan ziarah ke kubur leluhur, kemudian mendapat bisikan gaib untuk menyebarkan ujaran kebencian tersebut.

Atas perbuatannya, terduga dikenakan Pasal 16 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, serta Pasal 156 KUHP tentang Pernyataan Perasaan Permusuhan, Kebencian, atau Penghinaan, dengan ancaman empat tahun pidana penjara.

Reporter: Mawardi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *