Petani Keluhkan Harga Sawit dan Karet Mentah Kian Terpuruk

DUTA TV TANAH LAUT – Petani karet di wilayah Tanah Laut mengeluhkan harga karet mentah dan kelapa sawit yang tak kunjung beranjak normal.

Salah satunya petani dikawasan Damar Lima kecamatan Batu Ampar, yang mengeluhkan jika harga karet masih rendah pada kisaran Rp6.000,- akibatnya para petani mengalami kerugian secara operasional, lantaran hasil panen tak sebanding dengan biaya produksi yang membengkak.

Seorang petani Supangat mengaku, jika 5 tahun sebelumnya harga karet mentah lebih dari Rp10.000,- per kilonya, namun dalam beberapa tahun terakhir harganya terus merosot hingga dikisaran Rp6.000,- perkilogram, dan ironisnya anjloknya harga karet mentah juga bersamaan dengan turunya harga komoditas kelapa sawit, sehingga omset pendapatan petani kian terpuruk.

“Saat ini Rp6.000,- selama pak Jokowi tidak pernah mencapai Rp8.000 sampai Rp10.000,-“, ujar Supangat.

Supangat

Selain terkendala anjoknya komoditas karet mentah dan kelapa sawit, para petani saat ini juga dihadapkan dengan kondisi cuaca ekstrim, sehingga berdampak pada produktifitas karet mentah dan kelapa sawit yang terus menurun, sedangkan disaat curah hujan tinggi tanaman karet tidak bisa disadap.

Reporter : Suhardadi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Redha Aulia R

Uploader.
Follow Me:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.