Pesonas 2022, Bukti Dukungan untuk Disabilitas Intelektual

Jakarta, DUTA TV  Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengisiasi sejumlah rencana untuk membuka ruang lebih luas agar disabilitas intelektual bisa mendapat layanan kesehatan yang lebih baik.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan, pihaknya akan membantu sepenuhnya kebutuhan kesehatan bagi pelaksanaan Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022. Pekan olahraga bagi penyandang disabilitas intelektual ini akan diadakan di Semarang pada 3-8 Juli 2022.

Dalam rapat koordinasi dengan Special Olympics Indonesia (SOINA) dan panita penyelenggara Pesonas 2022, Sabtu, 23 April 2022 yang dipimpinnya secara daring, Budi Gunadi memastikan dukungan pada SOINA akan terus berlanjut selepas penyelenggaraan Pesonas.

Dukungan jangka menengah, menurut Budi Gunadi, akan diberikan mengingat tugas kementeriannya adalah merajut kekuatan masyarakat untuk memberi solusi kesehatan di keluarga yang mandiri.

“Saya kaget dengan jumlah anak disabilitas intelektual yang tinggi di Indonesia, mencapai 5,2 juta jiwa. Merawat mereka tidaklah mudah, sehingga mesti dilakukan dengan hati,” ujar Budi Gunadi.

Kemenkes juga akan mengawasi secara khusus kondisi menu makanna yang disajikan bagi peserta Pesonas hingga penyiapan rumah sakit-rumah sakit terdekat dengan venue penyelenggaraan kegiatan.(lip6)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *