Sosial

Perkenalkan Permainan Tradisional Dengan Lomba Bagasing

DUTA TV TAPIN – 16 Peserta dari berbagai daerah se banua anam ini mengikuti perlombaan bagasing, yang digelar oleh komunitas permainan tradisional gasing kabupaten Tapin.

Kegiatan ini digelar tidak lain untuk melestarikan kebudayaan yang saat ini sudah mulai jarang ditemui, sekaligus untuk memperkenalkan permainan bagasing kepada masyarakat terlebih pada generasi muda.

Permainan tradisional ini diharapakan dapat kembali dikenal dan dimainkan oleh anak – anak, agar permainan rakyat tidak hilang akibat tergerus perkembangan jaman.

“Dinas pendidikan dan olahraga dengan komunitas bagasing kabupaten Tapin ini ada 16 peserta, 6 dari Kandangan, 1 dari Barito Kuala, Marabahan, dan sisanya dari kabupaten Tapin sendiri dan harapan kami kedepan dengan adanya kegiatan ini mudah mudahan kegiatan bagasing ini tetap hidup dan diharapkan bagi generasi muda atau anak-anak bisa memainkan gasing tersebut,” jelas Syarbaini, Ketua Panitia Lomba Bagasing.

Syarbaini, Ketua Panitia Lomba Bagasing

 

Perlombaan ini dimenangkan oleh perwakilan kabupaten Tapin, sedangkan diperingkat 2 dan 3 diraih peserta asal Kandangan.

 

Reporter : Muhammad Irfansyah


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *