Perbedaan Hasil Swab COVID–19 Bacalon Kepala Daerah

Banjarmasin, DUTA TV — Setelah sempat dikabarkan positif COVID-19 saat dilakukan tes swab oleh pihak RSUD Ulin Banjarmasin, kondisi pasangan bakal calon bupati Banjar, selang tidak berapa lama berubah negatif COVID-19.

Status negatif didapat melalui hasil tes swab mandiri di Rumah Sakit Medistra Jakarta dan Ciputra Mitra Hospital. Dua hasil berbeda inipun menuai tanya.

Pihak RSUD Ulin Banjarmasin sendiri bersikukuh bahwa PCR atau hasil tes swab yang mereka keluarkan itu, sesuai dengan hasil yang mereka lakukan pengujian.

“Saat pemeriksaan ada terkomfirmasi kita sudah kooridnasi dengan IDI, dan direktur termasuk laboratorium dari dokter yang melakukan pemeriksaan dengan ulang, tes berulang hasilnya positif, bagaimana dengan hasil swab mandiri yang negatif, tentunya kami tidak banyak komentar, dan itu hak wewenang mereka, tapi kami RSUD Ulin telah yakin tetap konsisten dengan hasil positif, hasil berbeda itu mungkin lah, mungkin saja ada banyak factor,” terang Among Wibowo, wadir medis & keperawatan RSUD Ulin Banjarmasin.

Among Wibowo, wadir medis & keperawatan RSUD Ulin Banjarmasin

Among Wibowo, wadir medis & keperawatan RSUD Ulin Banjarmasin

Sementara itu terkait adanya hasil perbedaan tes swab tersebut, ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalsel, dokter Rudiansyah menuturkan di dalam dunia medis kondisi itu bisa saja terjadi.

“Dan belakangan swab mandiri dan hasilnya negatif. Saya tidak tau masalah itu yang pasti saat hendak melakukan pemrikdaan degan kami dan hasilnya psoitif, dan itu sudah di konfirmasi,” tambah Mohammad Rudiansyah, ketua IDI Kalsel.

Diketahui, pasangan bakal calon bupati Banjar jalur perseorangan, Andin Sofyanoor dan KH Syarif Bustomi atau Guru Oton, sebelumnya dikabarkan terpapar virus COVID-19, pada saat dilakukan swab di RSUD Ulin Banjarmasin.

Namun kedua pasangan bakal calon tersebut merasa kurang yakin, sehingga menjalani swab mandiri, dengan hasil negatif.

Reporter : Rahmatillah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *