Peraturan Berubah, Pemeriksaan PCR Turun 80 Persen

Banjarmasin, DUTA TV Tak lagi wajib melampirkan bukti pemeriksaan PCR maupun antigen bagi pelaku perjalanan udara yang sudah vaksin dua kali, membuat pemeriksaan jenis ini sepi peminat.

Di laboratorium kesehatan milik Pemprov Kalsel contohnya. Pihak Labkes yang berlokasi di Jalan Bumi Mas ini mengaku penurunan kunjungan pemeriksaan bahkan mencapai 80 persen.

Jika pada awal tahun lalu masih terdapat ratusan pengunjung yang melakukan swab, kini hanya hitungan jari saja. Tak bisa ditampik jika keadaan ini juga membuat pendapatan asli daerah turun.

Kondisi ini beruntungnya masih terbantu dengan kerja sama sejumlah perusahaan yang mewajibkan karyawnnya untuk PCR rutin.

“Pemeriksaan PCR sangat menurun, di akhir tahun 2021 itu sangat tinggi, sekarang sudah menurun sampai menjelang lebaran sudah menurun. Kunjungan secara umum kita lihat sangat menurun, Januari 2022 ada 101 kunjungan, Februari dan Maret masing-masing 84 kunjungan,” kata Riko Ijami, Kepala Labkes Provinsi Kalsel.

Sementara, keberadaan alat pemeriksaan bisa dikatakan tak akan mubajir. Pasalnya saat ini Labkes tengah menggagas pemeriksaan TB Paru dan akan menjadi rujukan se-Kalimantan.

Reporter : Nina Megasari

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *