Pentingnya Merawat dan Memelihara Arsip dan Dokumen

BANJARBARU, DUTA TVDokumen photo gubernur Kalsel dr Murjani, dan copy dari beberapa arsip dokumen penting, sejarah di Kalimantan Selatan yang masih terpelihara, di Dinas Perpustakaan dan arsip daerah (Dispersip) Pemprov Kalsel.

Ternyata, untuk memelihara arsip agar awet dan terhindar dari potensi kerusakan alami, maupun akibat gangguan hewan seperti rayap dan tikus, dibutuhkan perawatan khusus lengkap dengan pendataan.

Untuk mendukung penyelamatan arsip di Banua, Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar kegiatan risk asseasment arsip, yang diikuti 40 peserta dari Dinas dan kantor arsip daerah se Kalsel.

Seluruh peserta dilatih untuk mendata sebuah arsip, baik berupa ukuran, kerusakan kertas, hingga memgukur tingkat keasaman dari kertas, kemudian arsip diberi keterangan tingkat kerusakan, sehingga bisa dilakukan pemeliharaan khusus bagi yang rusak berat.

Menurut arsiparis Madya ANRI, Yanah Suryana, pelatihan risk assessment arsip perlu dilakukan untuk membantu kantor Dispersip dalam memperpanjang usia arsip, dari ancaman kerusakan alami.

“Kita memberikan sosialisasi mengenai penilaian kerusakan arsip, itu sangat penting sekali, sehingga arsip yang disimpan dapat di selamatkan dan di lestarikan,” ujar Yanah Suryana.

Minimnya tenaga dan pengetahuan pemeliharaan arsip, dikhawatirkan membuat banyak arsip dan dokumen penting di daerah mengalami kerusakan.

Reporter : Tarida Sitompul

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.