Penjualan Sepeda Salip Sepeda Motor

 

Jakarta, DUTA TV – Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) mencatat permintaan sepeda dalam negeri mencapai 7 juta unit per tahun. Jumlah ini mengalahkan permintaan penjualan sepeda motor di Indonesia.

Sekjen Apsindo, Eko Wibowo Utomo mengatakan kapasitas industri dalam negeri tak mampu mengakomodir permintaan sepeda dalam negeri, sehingga harus melakukan impor dari negara lain salah satunya China.

“Industri dalam negeri 2,5 juta unit sampai 3 Juni per tahun pasar sekarang 7 juta unit. Ada jeda besar suplai dari impor,” katanya di Jakarta, Selasa (2/9/2020).

Mengacu pada angka tersebut, permintaan sepeda dalam negeri apalagi sejak pandemi mengalami kenaikan. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, hingga Juli, pangsa sepeda motor baru sebesar 2,1 juta unit. Bahkan, permintaan sepeda motor tercatat mengalami penurunan setiap bulannya.

Di sisi lain, pelaku usaha sepeda terutama importir sedang resah dengan terbitnya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 68 tahun 2020 tentang ketentuan Impor Alas Kaki, Elektronik, dan Sepeda Roda Dua dan Roda Tiga mengatur impor pembelian sepeda di Indonesia. Pengusaha menilai aturan tersebut menyulitkan, termasuk pasokan dari China.(cnbc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *