Lingkungan

Pemprov Kalsel Masih Tunggu Hujan Buatan Dari Pusat

DUTA TV BANJARMASIN – Kebakaran lahan dan hutan di Kalimantan Selatan terus meluas, sejumlah petugas pun diturunkan untuk menanggulangi kebakaran lahan. Namun kondisinya makin parah bahkan kabut asap dampak kebakaran lahan makin meluas ke daerah lain seperti di Banjarmasin.

Tak hanya petugas atau satgas didarat saja pemerintah provinsi Kalsel juga melakukan pemadaman dengan water boombing menggunakan helikopter setiap harinya sejak beberapa bulan yang lalu.

Sebelumnya, pemerintah provinsi Kalsel juga sudah meminta kepada pemerintah pusat khususnya ke BNPB agar melakukan hujan buatan, tetapi sampai saat ini belum terealisasi.

Sementara itu gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor berharap, sebelum adanya hujan buatan ini dilakukan kebakaran hutan dan lahan di Kalsel harus tuntas. “Mungkin dari BNPB pusat kerjasama sinergis sudah berupaya ke arah sana, syukur-syukur belum dilakukan sudah pajah berataan,” ujarnya.

Sekedar diketahui dari data terakhir BPBD Kalsel sedikitnya ada 1000 lebih titik api yang terpantau dengan luasan lahan lebih 3000 hektar yang terbakar.

Pemerintah provinsi juga menghimbau agar masyarakat tidak membakar lahan untuk membuka lahannya karena dapat menggangu aktivitas dan kesehatan masyarakat.

Reporter: Zein Pahlevi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *