Pemkab Kotabaru Minta Sepuluh Perusahaan Perbaiki Jalan

DUTA TV KOTABARUAkses jalan dari kawasan Trans Kalsel-Kaltim menuju 5 kecamatan di kabupaten Kotabaru yang berada di daratan pulau Kalimantan rusak parah.

Kerusakan jalan tersebut terjadi sepanjang 12 kilometer di wilayah kecamatan Kelumpang Barat,  tepatnya dari Simbuang desa Siayuh menuju simpang 3 desa Tanjungsari, jalan tersebut hanya bisa dilalui saat musim kemarau, sedangkan pada musim hujan jalan berubah menjadi kubangan lumpur.

Terkait kondisi ini, pemerintah kabupaten Kotabaru meminta sepuluh perusahaan pertambangan dan perkebunan yang beroperasi di sekitar wilayah tersebut, agar menyalurkan dana CSR-nya untuk perbaikan jalan itu pada tahun 2020 mendatang, pasalnya selain digunakan oleh masyarakat selama ini jalan tersebut juga dilalui angkutan perusahaan.

Menghadapi musim hujan yang akan tiba dalam bulan-bulan ke depan, Pemkab Kotabaru juga menginginkan agar perusahaan melakukan perbaikan darurat sehingga jalan tetap bisa digunakan.

“Kenyataan di lapangan, perusahaan masih memakai jalan tersebut, masyarakat juga memakai jalan tersebut, misalkan kita mengandalkan APBD rasanya tidak mampu, apalagi kondisinya harus kontruksi yang bagus, kalau asal-asalan nanti hancur lagi,” terang Kamirudin Staf Ahli Bupati Kotabaru.

“Karena kemarau masih bisa dilewati, tapi ketika hujan jadi kubangan lumpur,” ujar M Octo Brahma PLT Camat Kelumpang Barat.

Sementara itu dari 10 perusahaan yang diundang untuk membahas masalah ini, hanya 6 yang hadir, mereka pun belum dapat memberikan keputusan karena masih harus berkoordinasi dengan manajemen masing-masing. Pemkab Kotabaru akan menjadwalkan kembali pertemuan untuk membahas masalah ini lebih lanjut.

 

Reporter : Nazat Fitriah

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Helman

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *