Kalsel Wisata

Pemkab Kotabaru Ingin Buat Taman Sejuta Bunga

DUTA TV KOTABARU – Ritual maccera yang dipimpin seorang tokoh agama mengawali proyek pembuatan akses jalan menuju objek wisata Gunung Mamake di desa Sarang Tiung kecamatan Pulau Laut utara kabupaten Kotabaru, Rabu pagi (17/7/2019).

Maccera yang berarti penyucian biasa dilakukan untuk mengawali suatu pekerjaan dalam budaya masyarakat Bugis.

Doa-doa dibacakan di lokasi pembuatan jalan agar pekerjaan berjalan lancar. Jalan yang dibuat selebar 6 meter dengan panjang 1,4 kilometer sampai ke puncaknya. adapun lokasinya sekitar 600 meter dari jalan poros desa.

Dalam pembuatan jalan ini pemerintah kabupaten Kotabaru tak mengeluarkan uang sepeser pun, karena masyarakat dengan sukarela menghibahkan tanah kebunnya, sedangkan dalam pengerjaannya dibiayai dana CSR.

“Mudahan dalam beberapa hari kedepan sudah tembus sampai kepuncaknya,  gunung mamake sangat bagus sekali dibanding misalnya gunung meranti. Kota bisa dilihat dari atas gunung juga laut, dan juga tidak jauh dari kota,” kata Sayed Jafar Al Idrus Bupati Kotabaru.

Gunung mamake yang tingginya sekitar 200 meter dari muka laut, kerap dijadikan tempat camping oleh komunitas pecinta alam di Kotabaru. Untuk mencapai puncaknya harus melalui jalan setapak yang cukup terjal.

Puncak gunung mamake menyajikan pemandangan landscape pulau laut yang indah dengan hamparan laut yang seperti karpet biru.

Kedepan Pemkab Kotabaru berencana menjadikan lahan seluas tiga kilometer di puncak gunung mamake sebagai taman sejuta bunga.

Hal ini dimaksudkan agar objek-objek wisata semakin beragam sehingga semakin banyak daya tarik bagi wisatawan.

 

 

Reporter : Nazat Fitriah


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *