Pekerja Indonesia Dituntut Produktif Ditengah Pandemi Covid-19

DUTA TV BANJARMASIN – Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan, menggelar webinar atau diskusi virtual, bertajuk RUU cipta kerja bersama insan media se-Kalsel, Rabu siang (15/07/2020).

Diskusi ini dilakukan untuk menciptakan sebuah peluang lapangan kerja bagi masyarakat pengangguran.

Pandemi Covid yang juga merambah banua dinilai sangat berdampak bagi dunia kerja. Dengan adanya wacana RUU Cipta Kerja atau Omnibuslaw, tentu sebagai upaya mendorong investasi baru yang dibarengi dengan peningkatan produktifitas pekerja, yang saat ini kalah bersaing dibanding negara lain ditingkat Asia.

Baca Juga :  Satgas COVID-19 : Jangan Sembarang Klaim Obat Tanpa Uji Klinis

Akibat dampak luar biasa pandemi Covid-19, Disnakertrans Kalsel memberikan solusi bagi tenaga kerja yang terimbas, diantaranya dengan melakukan pemagangan.

“Kami sudah lakukan pemagangan bagi naker yang belum bekerja, dimagangkan ke perusahaan, nanti digunakan perusahaan itu, sudah 270 peserta dimagangkan, dari 8 perusahaan se-Kalsel,” kata Siswansyah, kadisnakertrans Kalsel.

Siswansyah, kadisnakertrans Kalsel

Siswansyah, kadisnakertrans Kalsel

“Dengan penerapan ketat banyak sector yang tidak bisa jalan sebagaimana mestinya. Selama ini bantuan tidak tepat sasaran, sehingga mereka berkeliaran, itu harus terpenuhi yaitu hajat dasar makan, tanpa itu orang masih berkeliaran,” tambah Handey Imansyah, ekonom.

Handry imansyah, ekonom

Handey Imansyah, ekonom

Menurut Handry, pertumbuhan produktivitas Indonesia sangat lambat, nyaris terjadi disemua sektor.

Baca Juga :  Terpapar Covid-19, Novi Harus Kehilangan Bayi Dalam Kandungan

Saat ini pilihan untuk melanjutkan pembahasan RUU Cipta Kerja dinilai sudah tepat, pengesahan beleid lebih cepat juga diyakini bisa segera mengakselerasi pemulihan ekonomi Indonesia.

Reporter : Fadli Rizki

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *