Paman Birin Sandang Gelar Doktor Honoris Causa di Hari Sumpah Pemuda

Banjarbaru, dutatv.com – Pemasangan jubah hingga toga oleh rektor ULM kepada gubernur kkalsel Haji Sahbirin Noor, menandai telah resminya orang nomor satu di Kalsel ini menyandang gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa.

Pasca mengenakan atribut lengkap, gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini langsung duduk bersama dengan jajaran Senat ULM.

Selain itu, Paman Birin juga berkesempatan menyampaikan orasi ilmiah berjudul Kalsel Masa Depan Penyangga Pangan Nasional & Ibu Kota Negara Baru.

Belakangan, gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa ini ia terima lantaran dinilai telah berjasa dalam sektor pertanian dan pendidikan. Dan penganugerahan ini sendiri diberikan tepat dimomentum hari Sumpah Pemuda.

Rektor ULM, Prof Sutarto Hadi mengatakan, anugerah ini layak diberikan karena Paman Birin merupakan sosok yang peduli terhadap dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi salah satunya ULM.

Anugerah yang diberikan diharapkan juga menjadi motivasi bagi para tokoh lainnya untuk berkontribusi terhadap banua di berbagai bidang. “Jadi memberi gelar Doktor Kehormaran Honoris Causa ini tidak sembarangan ada persyaratan yang sangat ketat dalam hal ini. Dan semoga ini menjadi cambuk motivasi bagi tokoh lain untuk berkontribusi terhadap banua di berbagai bidang,” ujar Prof Sutarto.

“Katanya ini yang pertama kali dan rasanya seperti mimpi di siang bolong. Saya tidak menyangka bisa mendapatkan anugrah yang luar biasa ini dari ULM. Sektor pertanian memang menjadi salah satu fokus dalam pembangunan di Kalsel,” ujar H. Sahbirin Noor.

Anugerah ini dinilai layak karena mengacu pada Permenrestikdikti Nomor 65 tahun 2016 serta Statuta ULM Pasal 27 tahun 2018 di mana ULM dapat memberikan gelar penghargaan kepada seseorang yang berjasa luar biasa bagi ilmu pengetahuan, sosial, budaya, seni, olah raga dan kemanusiaan, bukan hanya kepada mereka yang memiliki prestasi di bidang akademik.

Sementara itu, penganugerahan ini disaksikan para tokoh banua, mulai dari alim ulama, pimpinan media, hingga Forkopimda dan jajaran kepala SKPD di lingkup Pemprov Kalsel.

(Evi Dwi Herliyanti)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Helman

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.