Karhutla Pemerintahan

Paman Birin Minta GAPKI Bisa Atasi Karhutla Sedini Mungkin

DUTAT V BANJARMASIN – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau biasa disapa akrab paman Birin Rabu siang (02/10/2019) menghadiri pengukuhan pengurus gabungan pengusaha kelapa sawit indonesia cabang Kalsel periode 2019 – 2024.

Dalam sambutannya paman Birin menegaskan saat ini penyumbang devisa terbanyak nomor 2 adalah dari perusahaan sawit, namun dirinya berpesan dan meminta perusahaan sawit atau para pelaku usaha sawit bisa menjaga konsesinya sedini mungkin dari kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan kabut asap saat musim kemarau.

“Saat ini sawit menjadi penyumbang terbesar, namun kita meminta juga mereka bisa dan tidak mengabaikan kondisi sekitar” ucap orang nomor satu di Kalsel tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perternakan Kalsel, Suparmi mengatakan saat ini luasan areal kelapa sawit di Kalsel mencapai 424.932 hektare, dan saat ini mereka merupakan salah satu perusahaan yang menyerap sumber daya manusia terbanyak sehingga membuka lapangan pekerja bagi warga di Kalsel.

“Perusahan besar swasta negara seluas 6.489 hektare dan sebanyak 104.800 hektare diusahan oleh rakyat dengan total produksi 1.110.372 ton CPO”, kata suparmi.

Selain itu paman Birin menambahkan dengan di kukuhkannya  GAPKI yang baru bisa menjadi wadah pemersatu yang menaungi perusahaan – perusahaan kelapa sawit, mampu mengatasi masalah – masalah secara koordinatif, efektif, dan komprehensif.

 

Tim liputan


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *