Paman Birin Ingin Tradisi Badandang Masuk Kalender Wisata Kalsel

DUTA TV KANDANGAN – Festival layang – layang bandandang yang bertempat di Desa Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kamis (26/9) sore dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor (Paman Birin). Hal ini sebagai bentuk apresiasi terhadap festival yang menjadi hiburan masyarakat di musim kemarau tersebut.

Tidak kurang dari 480 layang dandang ikut memeriahkan pesta rakyat itu. Satu layang dandang diantar satu hingga tiga buah mobil yang disertai pendukung.

Lihat Juga :  Gubernur Kalsel : Kita Harus Bahu Membahu Tangani Banjir

Paman Birin menginginkan festival bandandang bisa dimasukkan ke dalam kalender wisata Kalimantan Selatan. Sehingga ia berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan, mengingat tujuan festival adalah untuk bersilaturahmi dan mempererat tali persaudaraan.

“Mudah mudahan acara ini terus bisa dilaksanakan karena ini warisan dari nenek moyang kita, tujuan jelasnya bersilaturahim, memperat tali silaturahmi. Selamat dan sukses festival bendandang, kegiatan ini banyak disenangi oleh rakyat kita,” ucapnya.

Lihat Juga :  Terjang Banjir, Gubernur Kalsel Pantau Warga Kabupaten Banjar

Ketua Panitia Festival Badandang, Muhtasar mengatakan, permainan ini merupakan permainan musiman yang sudah turun menurun ada di Kecamatan Sungairaya.

“Badandang sudah ada dari dulu, tradisi kami,” jelas Muhtasar.

Dirinya mengatakan, festival ini untuk mempererat tali silaturahmi sesama pecinta layang layang dandang dan mengenalkan kepada generasi muda bahwa Kalsel memiliki tradisi layang layang dandang.

Lihat Juga :  Paman BirinMu Buka Posko Aduan Kecurangan Pemilihan

 

Tim Liputan

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *