Pakar ULM : Waspadai Klaster Covid-19 Perkantoran

 

DUTA TV BANJARMASIN – Anggota Tim Pakar untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Hidayatullah Muttaqin (Taqin), meminta masyarakat mewaspadai potensi munculnya klaster penyebaran Covid-19 di perkantoran.

“Ruangan yang tertutup seperti perkantoran sangat rentan terjadi penyebaran. Seiring menyambut adaptasi kebiasaan baru, aktivitas kerja mulai normal dan karyawan diharuskan ke kantor. Namun belakangan muncul kasus terkonfirmasi positif beberapa di antaranya adalah pegawai kantor,” katanya Kamis (16/7).

Taqin mengkhawatirkan munculnya klaster baru di perkantoran bisa terjadi karena terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi positif.

Bahkan, perkembangan Covid-19 di ibu kota Provinsi Kalimantan itu sudah mendekati angka 2.000. Per 15 Juli 2020, jumlahnya sudah mencapai 1.812 kasus terkonfirmasi positif. Artinya selama bulan Juli ada tambahan kasus baru 430.

Menurutnya, tidak menurunnya kasus baru di Banjarmasin memiliki kaitan erat dengan masa adaptasi kebiasaan baru pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Taqin mengingatkan jika virus corona menyebar melalui interaksi manusia. Virus ini semakin mudah menyebar apabila jarak antara satu individu dengan individu lainnya sangat dekat. Apalagi, jika terdapat banyak orang di tempat yang sama dalam ruangan yang tertutup.(ern/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *