Ozi Tinggalkan Honorer Jadi Juragan Lele

Martapura, DUTA TV –Muhammad Zauzi atau Ozi menjadi sosok muda inspiratif di Kota Martapura Kabupaten Banjar. Ia meninggalkan status honorer dan merintis usaha untuk menjadi juragan bibit lele setelah beberapa kali mengalami kegagalan, dari usaha yang digelutinya sejak 2008 lalu itu, kini dia mengantongi omset 65 juta perbulan.

Sesekali dirinya melakukan pengawasan saat dua pekerjanya yang sedang melakukan panen dan pemilahan bibit ikan lele, untuk ukuran 4, 5 dan 6 sentimeter dari 120 ribu ekor.

Panen dan pemilahan dilakukan pada pagi atau sore sekitar pukul pukul 18.00 WITA untuk memenuhi pesanan para broker maupun para petani budidaya lele.

Pria lulusan SMA ini belajar otodidak sejak tahun 2008, dan selalu mengalami kegagalan. Namun ia pantang menyerah. Setahun berlalu atau tepatnya di 2009 ia akhirnya berhasil membibitkan ikan lele, dan terus berkembang hingga mampu menghasilan 400 ribu hingga 500 ribu ekor bibit berkualitas, dari hasil pembuahan indukan secara alami.

Dengan metode kolam kalsiboard dari hasil panennya tersebut, ia sudah menjangkau pasar pembudidaya ikan lele di Kalsel, Kalteng hingga Kaltim, dengan omset 65 juta rupiah perbulan.

“belajar otodidak dan ingin memotivasi petani budidaya” Ucapnya.

Juragan bibit lele inipun juga tidak pelit untuk berbagi ilmu, bagi pemuda yang ingin sukses di masa pandemi covid 19, dengan belajar di kolamnya di Jalan Taman Raya RT 5 Desa Cindai Alus Kota Martapura.

Reporter : Tarida Sitompul

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *