Ormas Laung Kuning Ingin Ada Dewan Adat di Kalsel

BANJARMASIN, DUTA TV — Dewan Perwakilan Cabang atau DPC Laung Kuning Banjar, menginginkan dibentuknya dewan adat suku di Kalimantan Selatan. keinginan itu disampaikan saat audiensi dengan Komisi IV DPRD Kalsel.

Menurut DPC Laung Kuning Banjar, dengan keberadaan dewan adat, pengembangan kebudayaan di banua bisa lebih terstruktur. apalagi, budaya banjar saat ini sudah sangat tergerus dengan masuknya budaya luar.

Mereka mencontohkan,generasi saat ini lebih bangga mengenakan topi dibanding laung banjar. dari segi bela diri pun, beladiri kuntau yang harusnya dilestarikan justru tergantikan dengan bela diri dari luar.

Hal itulah yang diharapkan bisa menjadi perhatian dari komisi empat.apalagi Kalsel akan menjadi Gerbang Ibu Kota Negara, dimana budaya bisa lebih diperkenalkan dan tetap lestari.

“Karena beberapa suku lain ada rewan adat suku dari suku mana sedangkan di banjar kita tidak punya dewan adat paling tidak dengan adanya dewan adat lebih terstruktur dan ada yang lebih khusus untuk pengembangan kebudayaan,” ujar Abdul Haris Effendy Koordinator Laung Kuning.

“Banyak sekali aspirasi yang tadi disampaikan secara lisan maupun tertulis dan ini tentu akan jadi bahan di komisi empat untuk jadi hal yang kita perjuangkan sesuai dengan beberapa Perda yang kita tetapkan ini sejalan dan kita sama-sama memperjuangkannya terutama kearifan lokal pengakuan masyarakat hukum adat yang mana mungkin nantinya ini kita harapkan sebagai benteng lestarinya budaya banjar apalagi kita Kalsel jadi gerbang IKN tentu ini memerlukan peran semua pihak agar kebudayaan tetap terjaga di tengah arus perkembangan sebagai Gerbang Ibu Kota.”Kata H.M Lutfi Saifuddin, Ketua Komisi IV DPRD Kalsel

Audiensi dihadiri seluruh pengurus Laung Kuning di 13 Kabupaten Kota. dari hasil pertemuan, rencananya DPRD Kalsel akan mengusulkan pembangunan miniatur bangunan adat, di area Hutan Kota Banjarbaru yang nantinya bisa dijadikan pusat kebudayaan dan pariwisata.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

 

 

 

 

 

 

 

 

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.