Operasional Pustaka Keliling Saat Adaptasi Kebiasaan Baru

Padang, DUTA TV — Sejak masa adaptasi kebiasaan baru, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Padang, kembali menjalankan program pustaka keliling. Pustaka keliling yang beroperasi menggunakan dua unit armada mobil, dan satu unit becak motor, setiap hari menyinggahi tempat-tempat umum, seperti taman bacaan masyarakat.

Kepala bidang perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Padang, Nasdwi Yell mengatakan, Pustaka keliling tidak hanya singgah di taman bacaan masyarakat, tapi juga menyasar pesantren, hingga lembaga pemasyarakatan, untuk terus meningkatkan semangat baca masyarakat, dan mewujudkan impian kota Padang sebagai kota literasi.

anak-anak belajar bersama

anak-anak belajar bersama

“Sejak pandemi, memang sebelum pandemi kita ke sekolah-sekolah membuka lapak, tapi sejak pandemi tidak  ada sekolah, kita fokuskan ke taman bacaan masyarakat, kelurahan, panti asuhan dan juga lapas di masing-masing kelurahan kadang punya TBM. Sistemnya kita pinjamkan secara berkala nanti kira-kira dua minggu paling alama sebulan nanti kita ganti”, kata Nasdwi Yell.

Kepala bidang perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Padang, Nasdwi Yell

Kepala bidang perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Padang, Nasdwi Yell

Nasdwi berharap, setiap kecamatan menumbuhkan semangat literasi seperti membangun taman bacaan masyarakat.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menyumbangkan buku ke taman bacaan masyarakat, agar dapat dimanfaatkan oleh orang banyak. (mel/ant)


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *