Omah Kepompong Eco School Bentuk Anak Berkarakter

Banjarmasin, DUTA TVYayasan Pendidikan Paud dan TK Omah Kepompong Alam Eco School yang berada di Sungai Besar, Banjarbaru. Merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengusung konsep pengajaran dengan menumbuhkan karakter anak yang berbudaya, berakhlak dan cinta lingkungan.

Salah satu caranya dengan melakukan pembelajaran baik di indoor dan juga outdoor atau sekolah alam.

Selain itu, pendidikan berbudaya juga ditanamkan kepada anak- anak yang belajar disini, seperti menyediakan ruangan atau kelas yang berbentuk rumah adat banjar.

Awalnya, ketua Yayasan Omah Kepompong Amalia Rahmawati, hanya berniat untuk mendedikasikan dirinya di dunia pendidikan, belakangna muncul ide membuat tempat penitipan anak hingga akhirnya mendirikan  taman kanak – kanak dan Paud.

Melihat dunia digital dan perkembangan teknologi, ia tidak ingin anak- anak atau generasi selanjutnya hanya fokus dengan gadget mereka. Ia berharap dengan adanya omah kepompong ini bisa memberikan bekal mereka saat nanti menginjak ke jenjang pendidikan selanjutnya.

“Saya merasa disini ingin sekali berdedikasi di dunia pendidikan, konsep sekolah alam ini Eco friendly ramah dengan anak dan lingkungan dan kami juga ada sekolah alamnya, ada pembelajar indoor dan autdor sehingga anak-anak dapat merdeka belajar kenapa kami menghadirkan rumah adat banjar kita harus mengajarkan berbudaya, kita bisa mengenalkan budaya Kalsel, saya berharap jadi budaya yang unggul,” tutur kata Amalia Rahmawati, Ketua Yayasan Omah Kepompong Eco School.

Sementara, karena masih dalam pandemi Covid-19, seluruh orang tua siswa yang ingin anaknya bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka diberikan syarat agar sudah melaksanakan vaksinasi. Pihak sekolah juga menyediakan fasilitas tempat cuci tangan dan pengukur suhu tubuh, bagi anak dan juga orang tuanya.

“Yang pasti kita tetap memfasiitasi tempat cuci tangan dan yang terpenting srikuliasi udara, wajib memakai masker anak-anak sendiri kita akan tetap menjaga jarak kita mewajibkan orang tua murid yang mau PTM harus vaksin 2 kali,” kata Amalia Rahmawati, Ketua Yayasan Omah Kepompong Eco School.

Untuk guru yang mengajar di sekolah ini juga sudah bersertifikasi, totalnya ada 12 guru yang dibagi untuk belajar mengajar dan juga dibagian penitipan anak. Sampai saat ini, sudah ada 74 anak yang terdaftar bersekolah di omah kepompong sekolah alam Eco School.

Reporter : Zein Pahlevi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *