Nyaris Separuh Anggota Dewan Bolos Paripurna

DUTA TV BANJARMASIN – Fenomena kursi kosong dalam rapat paripurna kembali menghiasi DPRD Kalsel Kamis pagi (13/6/2019).

Ironisnya banyaknya kursi kosong akibat tak dihadiri anggota dewan ini, disaksikan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel, Danrem 101 Antasari, dan sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemprov serta undangan lainnya.

Dalam absensi kehadiran yang disampaikan wakil ketua DPRD Muhaimin, dari 55 anggota dewan hanya 31 orang yang hadir, sementara 24 sisanya absen dengan beragam alasan, padahal agenda paripurna sangat bermanfaat untuk kepentingan banua.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kalsel, Harianto mengaku, sebagian koleganya yang tak hadir karena sedang menjalankan tugas kunjungan kerja keluar daerah.

Dirinya tidak menampik setiap paripurna banyak anggota dewan tak hadir, namun sejauh ini belum ditemukan legislator yang melanggar tata tertib terkait absensi, sehingga pihaknya kesulitan menindaklanjutinya.

“Prinsipnya mereka kerja berdasarkan aturan, kalau 6 kali tidak hadir baru bisa kita tegur, jika 6 kali belum hadir belum bisa kita tegur, tapi kita ingatkan terus,” terang Harianto, Ketua Badan Kehormatan DPRD Kalsel.

Minimnya kehadiran anggota DPRD Kalsel dalam rapat paripurna ini bukan kali pertama terjadi, sehingga tak jarang menjadi sorotan masyarakat yang mempertanyakan kinerja wakil mereka di rumah Banjar.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *