Artikel Wirausaha

Motif Kekinian Tambah Kesan Modern Produk Kerajinan Manik

Tak hanya terkenal sebagai kota Intan, kota Martapura juga terkenal dengan penghasil berbagai kerajinan tangan, kerajinan Fukaha, batu aji sampai dengan manik-manik yang sangat mudah dijumpai di kota Serambi Mekah ini. produk kerajinan manik memang sangat mudah ditemui dengan beragam hasil kerajinan seperti gantungan kunci, sarung botol, sarung ponsel, tempat tisu bahkan tas.

Jika Anda ingin menemukan pengrajin manik ini di kota Santri ini, anda akan sangat mudah menemukannya karena banyak yang berprofesi sebagai pengrajin manik khas Martapura. Salah satu daerah yang mungkin bisa dituju adalah Kampung Pengrajin Manik Teluk Selong, pengrajin manik yang didominasi oleh ibu-ibu ini melakukan aktivitas sejak pagi hingga sore hari mereka akan “memanik”  secara bersama-sama di teras rumah mereka.

Ibu Normiyani merupakan satu dari sekian banyak pengrajin manik yang dapat dijumpai di Teluk Selong ini. Ibu Normiyani atau akrab disapa Acil Yani ini membuat kerajinan dompet dan tas berbahan dasar manik dari ukuran kecil sampai dengan yang besar.

Setiap minggunya Acil Yani mampu menghasilkan barang produksinya hingga puluhan buah, tentunya semua proses dikerjakan menggunakan tangan tanpa ada bantuan mesin sedikit pun alias Handmade Product.

Berbeda dengan produk yang sama dijual dipasaran yang biasa anda temukan, karena Acil Yani melayani pesanan sesuai dengan permintaan. Uniknya lagi motif yang Acil Yani tawarkan tidak hanya motif manik-manik pada umumnya saja, tetapi juga menyediakan motif manik yang kekinian yakni tas manik bermotif tokoh kartun favorit para kawula muda, sehingga dapat memunculkan kesan yang lebih modern bagi pemakainya.

Harga produk manik hasil karya Acil Yani yang merupakan pelaku UMKM RKB Banjar Bank BRI ini dijual dengan harga yang sangat bervariasi, dari harga Rp7000,00 hingga ratusan ribu Rupiah.

Bagi anda pecinta barang-barang olahan tangan dan berminat untuk menambah koleksi, anda dapat menemui barang kerajinan produksi Acil Yani di kawasan sentra oleh-oleh Cahaya Bumi Salamat Martapura, atau juga bisa langsung datang ke Kampung Pengrajin Manik Teluk Selong untuk mendapatkan kerajinan manik yang berkualitas dengan harga terjangkau atau juga bisa langsung datang ke Rumah Kreatif BUMN Banjar Bank BRI yang berlokasi di Martapura.

 

Penulis : Muhammad Akbar Farhani
Ig : @Akbarfarha_


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *