Pemilu Politik

Minta Data Saksi TPS, Bawaslu Tak Digubris Parpol

DUTA TV BANJARMASIN – Pelaksanaan  pungut hitung Pemilu 2019 tinggal 2 bulan lagi. Kesiapan tahapan penyediaan SDM saksi peserta pemilu di tingkat TPS masih belum diketahui.

Regulasi terbaru, para saksi TPS nantinya akan dilatih penyelenggara pengawas Pemilu yang jika terpenuhi ada sedikitnya 40 ribuan saksi tim kampanye Paslon Presiden, anggota DPD, dan Parpol yang disebar ke 1.879 buah TPS di Banjarmasin.

Namun  rencana pelatihan saksi tersebut masih terkendala lantaran data siapa saja saksi yang akan diterjunkan hingga kini tidak digubris oleh peserta Pemilu.

Ketua Bawaslu Banjarmasin Muhammad Yasar mengatakan, sedianya pada bulan ini sudah akan dilakukan pelatihan teknis oleh panwascam namun masih terkendala.

“Sudah dua klai bersura tmint data peserta Pemilu untuk laporan ke Bawaslu Kota. Ketika dapat akan kita latih saksi melalui Panwascam. Sampai ini belum ada satupun yang menyampaikan saksinya,”ujar Yasar.

Tidak melapornya parpol peserta Pemilu dalam data saksi TPS yang diminta Bawaslukarena mereka  menganggap surat yang dilayangkan pengawas hanya berupa himbauan untuk mengikutkan saksinya untuk pelatihan.

Di lain sisi, para saksi TPS dari parpol sendiri juga diharuskan memiliki keterampilan dan kriteria khusus.

“Tahun 2019 aturan beda. Bawaslu Diklat bagi saksi partai, jumlah sudah besar. Golkar siapkan saksi tiap TPS. Kenapa belum, kita masih bongkar pasang data. Kami ada spesifikasi khusus yang harus dimiliki. Mulai perangkat, domisili, secara jumlah siap. Info dari wakil Golkar untuk menyerahkan data saksi ini berupa himbauan, bukan kewajiban,”tutur Ananda, Ketua DPD Golkar Kota Banjarmasin.

“Kami sudah rapat dengan DPC Banjarmasin dan sudah mengumpulkan data saksi tiap kelurahan. Sudah disetor ke DPW. Setiap TPS 1. Terkait aturan Bawaslu baru disosialisasikan, belum lihat aturan pasti. Bawaslu akan latih saksi se Banjarmasin, kami sambut baik. Menggembirakan, mudahan bisa direalisasikan,”kata Arufah Ketua DPC PPP Kota Banjarmasin.

Selain banyaknya sumber daya manusia untuk mendukung proses pungut hitung di TPS Banjarmasin, sejumlah partai politik juga memiliki kriteria sendiri guna merekrut petugas saksi yang hadir di TPS.

 

Reporter : Fadli Rizki


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *