Milad ke – II Federasi Mountaineering Indonesia Kalsel, Jajal Hutan dan Pengunungan Meratus 

Banjarmasin, DUTA TV Menginjakkan usia tahun atau Dies Maulidiyah ke -2, berdirinya Federasi Mountaineering Indonesia (FMI) Kalimantan Selatan (Kalsel) menjajal hutan dan terjalnya pegunungan Meratus. Organisasi yang fokus pada kegiatan penjelajahan gunung-hutan ini menerjunkan anggotanya dalam misi menyapa Seven Summit Bumi Lambung Mangkurat atau puncak tertinggi di Kalsel.

Tiga gunung terkenal diantara seven summits Kalsel tersebut, yaitu Gunung Halau-Halau 1.901 meter di atas permukaan laut (mdpl) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Gunung Kahung 1.246 mdpl dan Gunung Aur Bunak 1.150 mdpl di Kabupaten Banjar. Tiga gunung ini menjadi prioritas utama pendakian dilakukan. Empat gunung lainnya yaitu Periuk, Pindihan, Magaringsai, dan Hauk

“Dalam rangka memperingati Dies Maulidiyah yang Ke 2, Federasi Mountaineering Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan Melakukan ekpedisi Menyapa seven summit kalsel , pendakian Awal di Mt Aur Bunak dari tanggal 21-26 Maret 2021,” ujar Ketua Harian FMI Kalsel, Fajar Rahmadi, Senin (22/3/2021).

Mantan Ketua Umum Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Meratus UIN Antasari Banjarmasin ini menambahkan, pendakian bukan sebatas melintasi rimba raya dan mencapai puncak. Melainkan, sebutnya, sebagai sarana edukasi untuk pelestarian lingkungan dan pengembangan ekowisata.

“Dengan adanya pendakian yang sesuai protokol di era new normal ini, bisa mengedukasi warga bahwa mendaki gunung adalah hal positif untuk bisa menjaga kelestarian lingkungan dan alam serta mengingatkan warga untuk betapa pentingnya menjaga hutan Kalimantan,” imbuhnya

Ia berharap dengan hadirnya FMI Kalsel dapat menambah kekuatan barisan pecinta alam dan penggiat alam bebas untuk melestarikan lingkungan. Selain itu, menurutnya seluruh pihak harus terus serta mendukung kegiatan-kegiatan positif dari generasi muda.

“Kami mengapresiasi, program menyapa Seven Summit Kalsel dapat terlaksana didukung oleh beberapa perusahaan sebagai sponshorship , seperti Ambapers, Pelindo III, Pertamina. Kegiatan ini juga didukung penuh oleh ketua Umum federasi mountaineering Indonesia Pengprov kalsel abang M. Syarifuddin. S.E. M. A. P. Yang juga menjabat Wakil ketua DPRD Kalimantan Selatan,” tutup Fajar.

 

Tim Liputan

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *