Meratus Berpotensi Jadi Geopark Internasional

DUTA TV YOGYAKARTA – Pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan ternyata punya keistimewaan dibandingkam Geopark lainnya di Indonesia, Geopark Nasional pegunungan Meratus ternyata memiliki sebaran geosite lebih banyak dan batuan ofiolitnya paling tua sekitar 150 hingga 200 ratus juta tahun.

Bermodalkan hal tersebut, Geopark pegunungan Meratus dinilai punya potensi berstatus Internasional di bawah UNESCO global Geopark.

Lihat Juga :  Jaminan Sarana Ibadah Menuju Pariwisata Halal Banjarmasin

Hal ini dikatakan presiden jaringan Geopark Nasional Budi Martono di sela menerima kunjungan pers tour rombongan pemprov Kalsel ke Geopark Internasional Gunung Sewu Yogyakarta, Kamis siang (31/11/2019).

Menurut Budi, menjadikan Meratus sebagai Geopark Internasional akan banyak membawa keuntungan, selain menjaga kelestarian alam juga mendatangkan pemasukan bagi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang terlibat mengelola Geopark.

Lihat Juga :  8 Destinasi Wisata Loksado yang Wajib Dikunjungi

Dalam kunjungan ke Yogyakarta, rombongan menyempatkan ke sejumlah geosite Geopark di Yogyakarta, seperti Lava Bantal, kabupaten Bantul, kemudian Tebing Breksi, Sleman, dan gunung api purba Ngelanggeran, kabupaten Gunung Kidul.

 

Reporter : Ahmad Sahsada Bakti

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *